Pelepasan Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Teknologi Digital

Pelepasan Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Teknologi Digital

Sabtu, 26 Agustus 2023 - Universitas Teknologi Digital melakukan kegiatan pelepasan dan pembekalan kepada 24 orang mahasiswa yang sudah dinyatakan lolos di beberapa program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tahun 2023, yang dilaksanakan di Aula Lt. 3 Gedung A Kampus 1 Universitas Teknologi Digital.

Mahasiswa yang lolos program tersebut berasal dari 2 Program Studi yaitu 23 mahasiswa dari Prodi Manajemen S1 dan 1 mahasiswa dari Prodi Akuntansi S1. Program yang akan diikuti oleh mahasiswa diantaranya Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, dan Wirausaha Merdeka. Kegiatan pelepasan dan pembekalan kepada mahasiswa dilakukan oleh Rektor Universitas Teknologi Digital Dr. Supriyadi, S.E., M.Si., Enang Suherman, S.E. selaku Kepala Bidang Kemahasiswaan dan Riyan Hadithya, S.E., M.M. selaku koordinator PT MBKM sekaligus Ketua Program Studi Manajemen S1. 

Jumlah mahasiswa yang lolos pada program MBKM tahun 2023 ini meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Diharapkan, mahasiswa yang lolos pada program MBKM tahun 2023 mendapatkan pengalaman, ilmu serta manfaat yang bisa menunjang kemampuan mahasiswa untuk menghadapi tantangan masa depan dan memiliki daya saing yang lebih baik.

Tujuan dari program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka adalah untuk mengembangkan pendidikan tinggi yang lebih fleksibel, inovatif, dan relevan dengan kebutuhan masyarakat dan dunia kerja. Program ini dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (sebelumnya Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi) Republik Indonesia.

Selain itu, Program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka mengubah paradigma pendidikan tinggi tradisional menjadi lebih adaptif dan responsif terhadap perkembangan dunia saat ini. Melalui program ini, pemerintah berusaha untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung pertumbuhan personal dan profesional mahasiswa, serta meningkatkan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pembangunan nasional.