Seminar Nasional Fakultas Manajemen "Strategi Kompensasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Kinerja Karyawan"

Seminar Nasional Fakultas Manajemen "Strategi Kompensasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Kinerja Karyawan"

Pada tanggal 22 Maret 2024, Mahasiswa Universitas Tekonologi Digital yang mengambil konsentrasi Manajemen Sumber Daya Manusia Angkatan 2021, dibawah bimbingan dosen pengampu Ibu Amilia Tresnawati S.Sos.,M.M akan menyelenggarakan seminar dengan judul "Strategi Kompensasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Kinerja Karyawan". Pada kuliah umum ini kami mengundang seorang praktisi yaitu Arif Darmawan, S.SI.,M.M beliau merupakan Ahli Manajemen Proyek & Pengembangan Ekonomi Wilayah, Seminar ini bertujuan untuk memberikan wawasan mendalam mengenai pentingnya strategi kompensasi dalam meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan. Dengan menghadirkan para pakar di bidang manajemen SDM, seminar ini akan membahas berbagai pendekatan dan teknik kompensasi yang dapat diterapkan di berbagai jenis organisasi pada perusahaan. Perencanaan acara ini melibatkan persiapan materi, undangan pembicara ahli, serta koordinasi logistik yang mencakup penyediaan tempat, konsumsi, dan dokumentasi.

Pada hari acara, seminar akan dimulai pukul 09:00 WIB di Aula Kampus Universitas Teknologi Digital. Registrasi peserta akan dibuka mulai pukul 08:00-09:00 WIB. Seminar akan dibuka dengan sambutan dari Ibu Amilia, M.M., selaku dosen pengampu. Selanjutnya, acara akan dilanjutkan dengan presentasi oleh pembicara yaitu Arif Darmawan, S.SI.,M.M. Setelah  selesai presentasi akan diikuti dengan sesi tanya jawab untuk mendorong interaksi aktif antara pembicara dan peserta. Seminar akan diakhiri dengan panel diskusi dan rangkuman dari seluruh sesi.

Mekanisme acara:

  1. Registrasi: Pendaftaran dilakukan secara online melalui google form atau langsung di lokasi acara. Peserta seminar akan mendapatkan sertifikat kehadiran serta materi presentasi dari para pembicara.
  2. Pembukaan: Acara dibuka dengan sambutan dari Ibu Amilia, S.Sos., M.M.
  3. Presentasi dan Diskusi: Pembicara diberikan waktu sekitar 60 menit untuk presentasi dan tanya jawab.
  4. Penutupan: Seminar diakhiri dengan penutupan dari mc, dosen pengampu.

Seminar Nasional Fakultas Manajemen "Strategi Kompensasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Kinerja Karyawan"

Esensi Materi

Pengetahuan tentang pentingnya keadilan dalam kompensasi finansial, baik keadilan internal maupun eksternal, adanya kebijakan kompensasi yang memberikan panduan dalam pengambilan keputusan. Sehingga bagi seorang manager dapat mengetahui faktor-faktor yang terkait dengan karyawan dalam menentukan kompensasi finansial langsung, seperti kinerja pekerjaan, keterampilan, kompetensi, senioritas, potensi, dan bayaran berbasis tim.

Namun, jika kita melihat dari perspektif yang lebih luas, mahasiswa dapat memperoleh keuntungan tidak langsung dari pemahaman konsep tersebut, seperti memberikan wawasan tentang praktik manajemen sumber daya manusia yang baik, terutama dalam aspek kompensasi. Hal ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa yang ingin berkarir di bidang manajemen sumber daya manusia atau bidang terkait lainnya.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan wawasan berharga tentang bagaimana strategi kompensasi yang efektif dapat meningkatkan motivasi dan kinerja karyawan. Kami tunggu kehadiran Anda di seminar ini!